Kamis, 24 November 2011

Angry Birds



Saya sebenarnya tidak ingin berfilosofi ria malam ini. Namun game yang satu ini membuat saya gatal untuk memberikan komentar. Anda pasti tahu game Angry Bird kan? Game yang satu ini sangat populer. Tidak tua, tidak muda memainkannya. Awalnya saya tidak tertarik untuk memainkannya walaupun sedang in. Salah satu yang menggilitik saya dan akhirnya ikut memainkannya adalah saat membaca status salah seorang teman di FB yang berterima kasih kepada teman yang lain karena telah menginstall game Angry Bird. Saya menjadi penasaran. Lalu, saya buka game online-nya dan memainkannya untuk yang pertama kali. Waktu itu saya merasa biasa saja, karena beberapa level bisa diselesaikan dengan mudah. Namun, seiring meningkatnya level, saya mulai mendapat kesulitan. Apalagi dengan "amunisi" yang terbatas dan rintangan yang semakin sulit. Sekali, dua kali, tiga kali, bahkan berkali-kali saya mencoba untuk menyelesaikan satu level namun tidak berhasil. Bukan hanya birds yang angry, saya pun menjadi angry dan hungry sehingga angry saya makin menjadi-jadi. Namun melalui percobaan yang entah keberapa kali, saya akhirnya berhasil menyelesaikan satu level tertentu. 

Tiba-tiba terlintas dalam pikiran saya permainan ini sangat bagus karena sangat mencerminkan hidup yang kita jalani. Dalam hidup, pasti kita akan selalu mengalami masalah. Masalah yang datang memiliki level yang berbeda-beda. Bila kita bisa menyelesaikan masalah yang ringan, pasti lain waktu, masalah yang kita hadapi akan semakin berat, demikian seterusnya. Seperti yang ada dalam Angry Birds, "amunisi" kita untuk menyelesaikan masalah terkadang juga terbatas. Tentu, hal ini menuntut kejelian saat menyelesaikannya. Kita harus tahu titik terlemah atau simpul mana yang harus kita buka terlebih dahulu. Kita juga harus memiliki planning untuk menyelesaikannya. Harus bertindak secara cermat. Walaupun kadang, semua prosedur telah kita ikuti, namun cara tersebut belum berhasil. Patah arangkah? Tidak. Saat anda bermain Angry Bird, pasti akan penasaran bila tidak bisa menyelesaikan satu level. Anda juga tidak berhak naik level bila level sebelumnya tidak terselesaikan. 
Namun kadang, anda justru bisa menyelesaikan satu level hanya dengan satu tembakan. Tanpa diduga, tembakan tersebut membawa efek besar yang bisa menghancurkan semua rintangan dan anda tidak menyadari itu sebelumnya. Itulah yang dinamakan keberuntungan. Demikian pula dalam hidup. Keberhasilan adalah usaha yang tidak kenal menyerah plus satu "tembakan" keberuntungan yang bisa membawa anda ke level berikutnya. 

Selamat bermain! 

2 komentar:

  1. Yuhuuu..pertamax
    whoaaa, I do agree with your post. Indeed this game has so much fun. It will also make u hungry:) since we tend to be so enthusiastic to finish the levels. The dangerous thing is that, in a certain level it will lead people to addiction, whooooaaa, whatta dangerous game bu mus:)

    BalasHapus
  2. dangerous means fun! hahaha. so, it will be angrydic. :)

    BalasHapus